Saturday 20 February 2016

6 Cara Menghilangkan Varises Secara Medis

Varises adalah kondisi di mana pembuluh balik melebar dan berkelok-kelok. Selain menyebabkan masalah kosmetik, varises dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ataupun nyeri. Setidaknya ada 6 tindakan medis untuk menangani kondisi ini.
Tanpa penanganan yang tepat, varises dapat menimbulkan hal lain yang lebih serius, misalnya terbentuknya bekuan darah pada pembuluh balik yang mengalami kelainan dan luka di kulit. Bahkan, terdapat laporan adanya kanker yang terbentuk pada luka yang kronik.
Jika Anda memiliki varises yang belum serius, melakukan perawatan sendiri mungkin bisa membantu. Perawatan mandiri pada prinsipnya terkait dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Hal ini harus dilakukan agar perkembangan varises melambat dan mencegah terjadinya komplikasi, seperti luka atau perdarahan.
Beberapa langkah perawatan mandiri yang bisa dilakukan antara lain :
  1. Menghindari berdiri atau duduk terlalu lama
  2. Menjaga berat badan pada level normal
  3. Mengenakan stoking kompresi
  4. Berolahraga secara teratur
  5. Meletakkan kaki lebih tinggi dari badan
  6. Hindari mengenakan sepatu dengan hak tinggi (High Heels).
Namun jika dengan perawatan mandiri kondisi tetap tidak membaik, beberapa cara menghilangkan varises dengan prosedur medis di bawah ini bisa menjadi pilihan.

Operasi Laser 
Jika Anda memiliki varises dalam bentuk yang kecil, maka cara operasi laser dapat menjadi pilihan. Operasi jenis ini tidak membutuhkan adanya pemotongan vena. Selain nihil luka, operasi laser juga tidak melibatkan suntikan bahan kimia ke dalam tubuh. Yang dibutuhkan hanya cahaya dengan kekuatan tertentu sehingga membuat varises memudar.

Mikroskleroterapi 
Untuk varises yang sangat kecil, maka cara menanganinya bisa memakai teknik mikroskleroterapi. Jarum yang sangat halus akan disuntikkan ke vena untuk memasukkan cairan kimia dalam dosis kecil. Cairan kimia tersebut akan menimbulkan jaringan parut dalam pembuluh darah sehingga menutup varises.

Terapi Ablasi Endovenous 
Cara menghilangkan varises yang mirip dengan operasi laser adalah terapi ablasi endovenous. Terapi ini memakai sinar laser atau gelombang radio untuk menciptakan panas. Panas inilah yang nantinya akan menghilangkan varises. Selama prosedur ini dilakukan, Anda akan mendapatkan bius lokal. Dokter kemudian akan membuat sayatan kecil di area varises untuk memasukkan tabung kecil ke dalam vena. Perangkat pemanas kemudian disambungkan dengan tabung kecil tersebut sehingga membuat bagian dalam pembuluh darah panas dan menutup varises.

Flebektomi Ambulatori 
Terapi ini diawali dengan pembuatan sayatan kecil di kulit kemudian pembuangan varises. Dokter akan memberikan bius lokal dan Anda bisa langsung pulang setelah menjalani prosedur ini. Prosedur ini biasanya digunakan untuk menghilangkan varises kecil yang dekat dengan permukaan kulit.

Mengelupaskan Vena 
Untuk kasus varises yang parah, metode yang bisa digunakan adalah membuang vena yang panjang. Proses tersebut dilakukan melalui luka kecil yang dibuat di kulit. Untuk prosedur ini sendiri pasien akan mendapatkan bius total. Biasanya waktu pemulihan setelah prosedur ini antara 1-4 minggu dan tanpa menginap di rumah sakit.

Bedah Endoskopi Vena 
Ini adalah cara menghilangkan varises yang sudah parah lainnya, di mana varises telah menyebabkan luka. Operasi ini diawali dengan membuat sayatan kecil di dekat vena yang terkena varises. Kemudian tabung kecil yang di ujungnya terdapat kamera akan dimasukkan. Perangkat bedah terdapat pada bagian ujung lain kamera yang berguna untuk menutup luka dan varises. Mereka yang melakukan prosedur ini akan bisa beraktivitas seperti sedia kala setelah beberapa minggu.
Dengan banyaknya iklan terkait pengobatan varises di berbagai tempat, selalu lakukan konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu. Bagi Anda yang sedang hamil dan menderita varises, jangan khawatir karena biasanya akan menghilang dalam 3 hingga 12 bulan setelah melahirkan.

Bagikan

Jangan lewatkan

6 Cara Menghilangkan Varises Secara Medis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.